Nova v Praze (new in Praha:-)

Tuesday, November 27

Kapan terakhir kamu nonton film Indonesia?

Pertanyaan ini bukan hanya untuk mereka yang sedang tinggal di luar negeri tetapi juga di Indonesia.Karya film Indonesia yang pernah diramalkan akan tenggelam ternyata terus bertumbuh dan banyak mengambil wajah muda dan tema tema kampung dunia (global).

Walaupun belum ada yang bisa disejajarkan dengan Cut Nyak Dien, Kembang Kembang Kertas, Badai Pasti Berlalu , namun teknologi dan kreativitas yang disajikan lumayan memberi tampilan segar, tangis, dan senyum simpul seperti:

D'Bijis
Nagabonar 2
Arisan
Brownies
Daun di Atas Bantal
Petualangan Sherina

Kekurangan yang paling sering ada di film film Indonesia adalah kelemahan penyajian ending yang memukau. Tema cerita dan kekuatan akting para pemainnya sering tidak didukung dengan plot yang kuat sehingga seringkali film berakhir mengambang atau seakan dipaksakan berakhir karena durasi.
Pilihan judul judul dalam bahasa Inggris juga perlu dipertanyakan apakah memang tidak ada terminologi Indonesia yang bisa mewakili ide film itu.

Banyak juga ide "gila" yang sayang untuk dilewatkan seperti:
Film Horor yang terinspirasi "Scarry Movie"
Film Enam
Quickie Express
Janji Joni

Untungnya kita kita yang di Ceko tidak perlu terlalu kehilangan kesempatan menonton film film Indonesia. Pekan Film Indonesia pun digelar di awal Desember 2007 di Kino Ponrepo, Bartholomejska 11 Praha:
Tanggal 3: 17.30 Ibunda (Matka)
Tanggal 5: 17.30 Cinta Dalam Sepotong Roti (Laska na kusu chleba)
Tanggal 6: 17.30 Suci Sang Primadona (Suci, ta prima donna)
Tanggal 7: 16.30 Pejuang (Bojovnik)Tanggal 11: 17.30 Pagar Kawat Berduri (Plot z ostnateho dratu)
Festival Film Internasional tahunan di Ceko juga terkadang disisipi film film Indonesia seperti Gie dan Berbagi Suami. KBRI Praha sendiri dari waktu ke waktu berusaha menyajikan "layar tancap" film film Indonesia seperti Nagabonar 2, Denias, dan film film perjuangan lainnya.

Kehadiran internet dan layanan media gratis www.youtube.com tentu membantu kita kita yang berdomisili di luar Indonesia untuk terus mengikuti berita berita sinema Indonesia terbaru. Terima kasih juga buat Mas Herry yang sudah mengumpulkan daftar film film terbaru Indonesia di webpagenya: http://ezdeeboyz.multiply.com/.

Film terakhir yang saya tonton adalah D'Bijis dari DVD. Siapa sangka judul film diambil bukan dari nama band yang dijadikan tema film itu:-)). Humornya lumayan orisinil dan menarik tetapi sayang ceritanya sepeti dipaksakan berakhir begitu saja, tidak berkesan.

Jangan diketawain ya, ada beberapa film film Indonesia yang sampai sekarang belum dan kepingin sekali saya tonton:
Pasir Berbisik
Biola Tak Berdawai
Beberapa film karya Teguh Karya dan Nyak Abbas Acup
Medley (film baru; yang main senior ku: Yossie Project Pop:-)).
Ada juga website bagus mengulas film film Indonesia masa kini: http://www.sinema-indonesia.com.

Kesimpulannya: Bagi bagi info ya film Indonesia yang menurut kamu bagus. Kalau ada yang punya DVD atau CD film film terbaru Indonesia, gimana kalau kita nonton bareng? atau... boleh kan pinjam:-)?
Psst... Kalau ada yang tahu di mana bisa nonton film film Indonesia full (nggak terputus putus seperti di youtube), kasih tahu ya:-)).

1 Comments:

  • Coba deh ke website ini :
    www.dennyshotspot.com
    disitu ada film Indonesia yang bisa di tonton tanpa terputus putus.

    By Anonymous Anonymous, at 12 January, 2008 13:26  

Post a Comment

<< Home